Total Tayangan Halaman

Kamis, 09 Agustus 2012

UMMAHATUL MUKMININ

Bismillahirrahmanirrahim....

Sahabat Muda, saya memenuhi janji saya untuk menulis tentang Istri-Istri Rasulullah. InsyaAllah saya akan buktikan bahwa para istri Rasulullah bukanlah wanita tua renta dan jelek!!

Diantara sekian banyak wanita yang ada di muka bumi, baik yang telah hidup terdahulu, sekarang maupun yang akan datang, terdapat beberapa orang wanita yang paling beruntung di dunia dan akhirat. Mereka adalah wanita-wanita yang dipilihkan Allah untuk Rasul-Nya. sebagaimana disebutkan dalam hadist Abu Said Al-Khudri, bahwasannya Rasulullah bersabda,

"Aku tidak menikah dengan istri-istriku dan aku tidak menikahkan putri-putriku kecuali dengan izin yang dibawa Jibril dari Allah"

Dikatakan beruntung dunia-akhirat karena para Ummahatul Mukminin ini juga mendapatkan jaminan syurga.
Rasulullah bersabda,

"Sesungguhnya Allah tidak menghendaki aku menikah atau dinikahkan kecuali dengan wanita-wanita penghuni Syurga."

UMMAHATUL MUKMININ adalah gelar kehormatan yang dikhususkan bagi istri-istri Rasulullah SAW. Mereka disebut sebagai ''Ibu Orang Mukmin" karena tidak boleh dinikahi oleh laki-laki lain sepeninggal Rasulullah SAW. Ummahatul Mukminin yang disepakati Ulama ada 11 orang. Satu orang istri pertama tidak dimadu yaitu Khadijah R.A. Sepuluh orang lainnya dimadu tetapi tidak sekaligus. Istri yang pertama kali dinikahi setelah Khadijah adalah Aisyah, sedangkan Istri Rasulullah yang terakhir dinikahi adalah Maimunah binti Kharits.

Dua orang yang meninggal sebelum Rasulullah adalah Khadijah dan Zainab binti Khuzaimah. Dengan demikian berarti Rasulullah wafat meninggalkan 9 istri. Istri yang pertama kali meninggal setelah Rasulullah adalah Zainab binti Jahsy.

Dua istri Rasulullah yang merupakan putri Sahabat besar adalah Aisyah (putri Abu Bakar) dan Hafsah (putri Umar). Tiga istri Rasulullah yang merupakan putri pemuka kaumnya adalah Ummu Habibah (putri Pemuka Quraisy), Juwairiyah (putri pemuka bani Al-Mustaliq), dan Shafiyah (putri pemuka bani An-Nadhir). Empat Istri Rasulullah yang bermimpi kejatuhan bulan sebelum dinikahi Rasulullah adalah Saudah, Juwairiyah, Ummu Habibah dan Shafiyah. Lima istri Rasulullah yang terkenal cantik dan belia adalah Aisyah 9 th (Al-Humaira, yang pipinya kemerah-merahan), Shafiyah 17 th (yang kulitnya putih khas bani Israil), Hafsah 18 th (yang postur badannya tinggi semampai seperti ayahnya Umar), Juwairiyah 20 th (yang wajahnya manis dan cantik), Ummu Habibah 21 th (yang kulitnya putih dan bersih).

Semua istri Rasulullah tersebut adalah wanita-wanita pilihan yang memiliki banyak keistimewaan. Mereka adalah wanita-wanita yang padanya terkumpul semua kebajikan. cantik, bernasab mulia, terhormat, pintar, dermawan, serta taat pada Allah dan Rasul-Nya.

Diantara mereka ada Khadijah, wanita paling kaya di dunia. Diantara mereka ada Aisyah, wanita paling pandai di dunia. Diantara mereka ada Ummu Salamah Sang Mujahidah. Dan di antara mereka ada Zainab binti Jahsy ahli Shodaqoh yang bershodaqoh dari hasil tangannya sendiri.

Semoga setiap istri kaum muslimin termotivasi untuk mencontoh kebaikan-kebaikan yang dilakukan oleh para Ummahatul Mukminin. Amiin.....

Syaikh Muhammad bin Yusuf Ad-Dimasyqi dalam kitab Azwaji An-Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam membagi sebelas istri Rasulullah berdasarkan suku asalnya. Enam istri berasal dari suku Quraisy yaitu Khadijah binti Khuwailid, Aisyah binti Abu Bakar, Hafsah binti Umar bin Khattab, Ummu Habibah binti Abu   Sufyan, Ummu Salamah binti Abu Umayyah, dan Saudah binti Zam'ah. Empat istri dari wanita-wanita Arab sekutu suku Quraisy yaitu Zainab binti Jahsy, Zainab binti Khuzaimah, Maimunah binti Harits, dan Juwairiyah binti Harits. dan satu istri berasal dari Bani Israil yaitu Shafiyah binti Huyai.

Berikut ini adalah 11 istri-istri Rasulullah SAW yang digauli beliau, menurut kesepakatan para ulama dan terkenal dikalangan ahli sejarah. Saya menyusunnya berdasarkan urutan yang disebutkan oleh Ibnu Ishaq, seorang hafidz hadist dan pakar sejarah. Beliau berkata,

 "Rasulullah menikahi Khadijah, kemudian Aisyah, kemudian Saudah, kemudian Hafsah, kemudian   Zainab binti Jahsy, kemudian Juwairiyah, kemudian Raihanah, kemudian Ummu Habibah, kemudian Shafiyah, kemudian Maimunah."

Namun untuk Raihanah, kami tidak mengambilnya karena tidak disepakati oleh para ulama.

Jadi kesimpulannya istri Rasulullah ada 11 orang sbb:

1. KHADIJAH BINTI KHUWAILID R.A
2. AISYAH BINTI ABU BAKAR R.A
3. SAUDAH BINTI ZAM'AH R.A
4. HAFSAH BINTI UMAR BIN KHATTAB R.A
5. ZAINAB BINTI KHUZAIMAH R.A
6. UMMU SALAMAH BINTI ABU UMAIYYAH R.A
7. ZAINAB BINTI JAHSY R.A
8. JUWAIRIYAH BINTI AL-HARITS R.A
9. UMMU HABIBAH BINTI ABI SUFYAN R.A
10. SHAFIYAH BINTI HUYAI R.A
11. MAIMUNAH BINTI AL HARITS R.A

Nah sahabat, kalau belum puas dan masih penasaran tentang mereka, tunggu postingannya saya selanjutnya.
Insya Allah saya akan bahas biografi mereka satu persatu. mohon doanya ya...

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Mariyah AlQibtiyah, Beliau adalah UMMU WALAD atau Hamba Sahaya yang digauli Rasulullah dan melahirkan putra beliau yaitu Ibrahim.

    BalasHapus
  3. Saya suka menghafal nama istri nabi

    BalasHapus