Total Tayangan Halaman

Senin, 03 September 2012

ZAINAB BINTI KHUZAIMAH R.A


@ Tentang ZAINAB BINTI KHUZAIMAH r. a

Ayahnya   : Khuzaimah bin Harits bin Abdullah bin Amr bin Abdu Manaf bin Hilal.
Ibunya       : Hindun binti Auf bin Harits bin Hamathah.
Suku          : Al Hilal

Zainab dinikahi Rasulullah pada tahun ke 4 Hijriah. Pada saat itu usianya 29 tahun. Beliau adalah janda dari syuhada perang uhud Abdullah bin Jahsy. Sebelumnya Zainab juga pernah menikah dengan Ath-Thufail bin Al Harits, namun bercerai. Wali pernikahan Zainab dengan Rasulullah adalah pamannya sendiri, Qabisah bin Amr Al-Hilaly. Zainab hidup bersama Rasulullah hanya dalam waktu singkat, yaitu selama 8 bulan. Beliau meninggal mendahului Rasulullah di bulan Rabiul Awwal tahun 4 Hijriah.

Keistimewaan Zainab binti Khuzaimah r.a

  1. Zainab binti Khuzaimah adalah ‘Ummul Masakin’
Az-Zuhri Rahimahullah berkata,
“Rasulullah SAW menikahi Zainab binti Khuzaimah Al Hilaliyah yang merupakan ibu orang-orang miskin, kemudian ia diberi nama dengan nama tersebut, karena ia seringkali memberi makan kepada orang-orang miskin.”

  1. Zainab binti Khuzaimah Istri Rasulullah yang pertama kali meninggal
Ibnu Ishaq Rahimahullah berkata,
“Zainab binti Khuzaimah adalah istri Rasulullah SAW yang pertama kali meninggal dunia. Ia wafat semasa hidup Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam
Yang dimaksud dengan pertama kali meninggal adalah diantara para istri Rasulullah yang dimadu. Dengan kata lain Khadijah tidak termasuk, karena beliau bukan istri yang dimadu.

  1. Keberkahan Rumah Zainab binti Khuzaimah
Rumah Zainab binti Khuzaimah adalah rumah yang diberkahi karena di dalamnya pernah tinggal dua istri Rasulullah yaitu Zainab dan Ummu Salamah. Ibnu Sa’ad berkata,
“Zainab binti Khuzaimah wafat sebelum Rasulullah menikahi Ummu Salamah dan beliau menempatkan Ummu Salamah di rumah Zainab binti Khuzaimah”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar